Skip to content

Setting main jet dan pilot jet

December 5, 2012

mainjet

Setting main jet dan pilot jet

Jika kondisi motor sudah tidak standar atau sudah pernah di korek biasanya kondisi settingan main-jet dan pilot jet karburator harus di setting ulang. Untuk settingan main-jet dan pilot-jet tergantung dari motor tersebut yang penting tarikan motor terasa di mesin.

Untuk settingan gas dan angin jangan sampai salah, benar-benar harus tepat. Apabila gas motor di tarik atau gasfull, jika tidak ada tarikannya maka settingan main jetnya kurang pas. Naikan setelan sampai 5 angka, kemudian tarik kembali gasnya. Apabila diposisi tarikan gas yang tinggi masih ada sela pada pasokan bensin atau masih suka brebet, artinya settingan main jet belum pas. Coba dinaikan lagi sedikit sekitar 7 atau 7.5 angka. Biasanya, untuk korekan harian kenaikan itu sudah cukup tinggi.

Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan main jet terlalu besar, ciri-ciri kondisi dapat dilihat pada tema busi.

Sementara untuk setelan pilot-jet karburator, coba hal ini.

Hidupkan sepeda motor, setelah di setting jika tidak bisa hidup atau bisa hidup tapi putaran bawah seperti ada jeda. Kemungkinan pilot jet tidak pas maka perlu dinaikkan. Coba dinaikan secara bertahap 5 angka dulu, apabila masih kurang coba naikkan lagi sampai 7.5 angka.

Tentu saja, tergantung karakter mesin msing-masing dan jenis karburator. Tapi biasanya setingan pilot dan main-jet karburator nggak sampai 10.

Artikel terkait:

- Sparepart

- Tips maintenance

 

From → Spare part

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: